• 1
  • 3
  • 2
  • 3

Selamat Datang di Website MTsN 3 KOTA SURABAYA. Terima Kasih Kunjungannya

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


MTsN 3 KOTA SURABAYA

NPSN : 20583877

Jl.Medokan Asri Tengah Surabaya


info@mtsn3kotasurabaya.sch.id

TLP : 031-8713429


          

Prestasi Siswa


Juara OSN 2016

Profesor Toshiko Kinosita mengemukakan bahwa sumber daya manusia Indonesia masih sangat lemah untuk mendukung perkembangan industri dan ekonomi. Penyebabnya karena pemerintah selama ini tidak pernah menempatkan pen...



:: Selengkapnya

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 417995
Pengunjung : 136522
Hari ini : 16
Hits hari ini : 381
Member Online : 0
IP : 3.235.228.219
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA TAHUN 2022




Surabaya,01/06/2022. Pancasila merupakan dasar negara Indonesia. Jika kata ‘Pancasila’ dibedah, terdapat ‘panca’ yang artinya lima dalam bahasa Sanskerta dan sila yang berarti dasar. Jika digabungkan, Pancasila berarti lima dasar. Pancasila disepakati rakyat Indonesia sebagai ideologi yang menjadi pemersatu bangsa. Di dalamnya terdapat nilai-nilai keberagaman dan persatuan antarkomponen anak bangsa sebagai fondasi berbangsa dan bernegara. Sejarah lahirnya Pancasila diawali dengan kekalahan Jepang pada Perang Pasifik, perang yang terjadi antara tahun 1941 sampai 1945. Jepang lantas berusaha menarik perhatian masyarakat Indonesia dengan menjanjikan kemerdekaan dan membentuk sebuah lembaga yang mempersiapkan kemerdekaan bernama Dokuritsu Junbi Cosakai. Nama lain dari lembaga ini adalah Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Sidang perdana BPUPKI digelar pada tanggal 29 Mei 1945 di Gedung Chuo Sangi In (sekarang Gedung Pancasila). Di sana, para anggota membahas mengenai tema dasar negara. Sidang tersebut berlangsung selama lima hari. Dan disahkan oleh PPKI sebagai dasar negara. 


Berdasarkan SE Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Nomor : 4 Tahun 2022 tanggal 13 Mei 2022 Tentang Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022, dapat menjadi momentum bagi kita sebagai bangsa yang besar untuk bersama-sama mengorbankan semangat demi tetap menjaga ideologi negara kita ialah Pancasila. 


Meskipun dalam situasi yang berbeda MTsN 3 Kota Surabaya tetap mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila yang mana pada tahun ini mengusung tema “Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia”. Para Guru/Pegawai serta Peserta Didik MTsN 3 Kota Surabaya mengikuti upacara secara virtual melalui kanal Youtube BPIP dan siaran TV Nasional di rumah masing-masing dan langsung live dari di Lapangan Pancasila Ende, Kabupaten Ende, NTT.



 


Upacara Hari Lahir Pancasila yang dilaksanakan secara virtual sebagai pembina upacara Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo. Beliau dalam amanatnya menyampaikan bahwa Mari bersama-sama membumikan pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,  Pancasila juga menjadi bintang penuntun dalam menghadapi ujian-ujian berbangsa dan bernegara. Kita harus betul-betul mengamalkan pancasila dan memperjuangkan pancasila dalam sistem kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan serta berinteraksi bersama dengan anak bangsa. Dan tugas kita semua untuk menjadikan Pancasila sebagai pedoman dalam bekerja.


Hari Lahir Pancasila memiliki makna yang mendalam karena pada hari tersebut, sejak dicetuskannya, nilai-nilai luhur yang menjadi pedoman bangsa Indonesia berhasil digali dan ditetapkan oleh para Bapak Pendiri Bangsa. Sebagai alat pemersatu bangsa, Pancasila memiliki makna menyatukan masyarakat dengan segala perbedaan yang ada. Hari Lahir Pancasila sebagai jembatan untuk mengingat kembali perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan Pancasila. Tak hanya mengingat, tetapi juga mengenang, menghormati, juga menghargai.



Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :

 

Komentar :


   Kembali ke Atas