• Gambar
  • MASANe GAYA 2

Selamat Datang di Website MTsN 3 KOTA SURABAYA. Terima Kasih Kunjungannya

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


MTsN 3 KOTA SURABAYA

NPSN : 20583877

Jl.Medokan Asri Tengah Surabaya


info@mtsn3kotasurabaya.sch.id

TLP : 031-8713429


          

Prestasi Siswa


Juara OSN 2016

Profesor Toshiko Kinosita mengemukakan bahwa sumber daya manusia Indonesia masih sangat lemah untuk mendukung perkembangan industri dan ekonomi. Penyebabnya karena pemerintah selama ini tidak pernah menempatkan pen...



:: Selengkapnya

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 286083
Pengunjung : 106281
Hari ini : 80
Hits hari ini : 250
Member Online : 0
IP : 3.236.84.188
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

PELEPASAN PESERTA DIDIK KELAS IX SECARA VIRTUAL MTsN 3 KOTA SURABAYA TAHUN AJARAN 2020 – 2021




MTsN 3 Kota Surabaya, (11/06/2021). Rangkaian kisah peserta didik kelas IX MTsN 3 Kota Surabaya tahun ajaran 2020 – 2021 akan segera selesai. Setelah pengumuman kelulusan peserta didik kelas IX MTsN 3 Kota Surabaya yang dilaksanakan pada hari Jum’at, 4 Juni 2021 yang menyatakan peserta didik kelas IX MTsN 3 Kota Surabaya tahun ajaran 2020 – 2021 lulus 100%,  maka pada hari ini kisah ini benar-benar ditutup dengan manis melalui acara pelepasan peserta didik kelas IX MTsN 3 Kota Surabaya tahun ajaran 2020 – 2021 secara virtual. Pada hari Jum’at, 11 Juni 2021 dilaksanakan acara “Pelepasan Peserta Didik IX Virtual MTsN 3 Kota Surabaya Tahun Ajaran 2020 – 2021. Acara ini dimulai tepat pukul 08.30 WIB dan berakhir tepat pukul 10.30 WIB. Dalam acara ini dihadiri secara virtual oleh Kepala Kantor Kementeriana Agama Kota Surabaya yaitu bapak Dr. Husnul Maram, M.HI, Pengawas Madrasah pada Kantor Kementerian Agama Kota Surabaya yaitu bapak Drs. Ahmad Yani Rifa’I, M.Pd.I,  ketua DWP MTsN 3 Kota Surabaya yaitu ibu Indah Saptaning Wahyuni, S.Pd., M.Pd, guru dan pegawai MTsN 3 Kota Surabaya, Peserta didik kelas IX MTsN 3 Kota Surabaya beserta wali peserta didik.


Rangkaian acara Pelepasan Peserta Didik IX Virtual MTsN 3 Kota Surabaya Tahun Ajaran 2020 – 2021 diawali dengan pembukaan oleh pembawa acara yaitu ibu Nur Illiyah, S.Pd., M.Pd.I. Berikutnya menyanyikan lagu  Indonesia Raya, Hymne Madrasah, dan Mars Madrasah dipimpin oleh ibu Dinda Citraning Sayekti, S.Pd, dilanjutkan mengheningkan cipta dipimpin oleh Kepala MTsN 3 Kota Surabaya yaitu bapak Mas’ud, S.Pd., M.Pd. Rangkaian acara berikutnya yaitu pembacaan Keputusan Kepala MTsN 3 Kota Surabaya tentang Surat Penetapan Kelulusan Peserta didik Kelas IX MTsN 3 Kota Surabaya Tahun Ajaran 2020 – 2021 oleh WAKA bidang Akademik yaitu bapak Abdul Kholiq, S.Pd. Inti dari isi surat penetapan kelulusan tersebut adalah menyatakan bahwa peserta didik kelas IX MTsN 3 Kota Surabaya dari kelas IX A sampai IX B yang seluruhnya berjumlah 282 peserta didik yang terdiri dari 139 peserta didik laki-laki dan 143 peserta didik perempuan, seluruhnya telah mengikuti Ujian Madrasah (UM) dan telah memiliki nilai UM oleh sebab itu sesuai dengan aturan yang berlaku maka seluruh peserta didik kelas IX MTsN 3 Kota Surabaya dinyatakan lulus atau lulus 100%. Setelah pembacaan surat penetapan kelulusan acara dilanjutkan dengan penyerahan ijazah/ SKL secara simbolis oleh kepala MTsN 3 Kota Surabaya kepada perwakilan peserta didik kelas IX yaitu Adella Putri Asy’ari dari kelas IX I.


whatsapp_image_2021-06-11_at_15-46-34


Bapak Kepala Madrasah memberikan sambutan


Acara berikutnya yaitu sambutan Kepala MTsN 3 Kota Surabaya, dalam sambutannya bapak Mas’ud, S.Pd., M.Pd menyatakan bahwa “tiga tahun masa belajar peserta didik kelas IX di MTsN 3 Kota Surabaya telah dilalui, sejak 16 Juli 2018 sekalipun tepat pada tanggal 16 Maret 2020 karena adanya Pandemi Covid-19 anak-anak belajar dari rumah secara daring dengan berbagai media yang dipergunakan bapak ibu guru yang sesuai dengan situasi dan kondisi anak. Tadarus pagi yang biasanya dilaksanakan bersama-sama di Masjid Ulul Albab tetap dapat terlaksana secara daring melalui zoom meeting. Saat ini ada beberapa anak yang sudah diterima di MA, SMA, SMK baik negeri maupun swasta,  dan Pondok Pesantren. Diharapkan kebiasaan baik di Madrasah tetap dijaga, dipertahankan dan sebisa mungkin ditingkatkan”. Masih dalam sambutannya bapak Mas’ud, S.Pd., M.Pd. “mengucapkan terima kasih kepada wali peserta didik yang telah mempercayakan anaknya menempuh pendidikan di MTsN 3 Kota Surabaya, InsyaaAllah seluruh komponen madrasah telah berusaha maksimal untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para peserta didik. Selain itu beliau juga memohon maaf  kepada wali peserta didik apabila ada amanah yang belum ditunaikan oleh guru dan pegawai. Beliau juga menjelaskan bahwa 3 tahun  atau 36 bulan masa belajar peserta didik terbagi 20 bulan pembelajaran tatap muka di madrasah dan 16 bulan pembelajaran dari rumah secara daring. Pembelajaraan dari rumah secara daring yang disebabkan adanya Pandemi Covid-19 pasti ada kekurangan dan kendala. Beliau juga mendoakan  untuk semua peserta didik kelas IX, “untuk anak-anak yang sudah di terima di MA, SMA, SMK negeri maupun swasta, dan Pondok Pesantren semoga dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Untuk anak-anak yang saat ini masih proses pendaftaran maka kami semua bapak ibu guru dan karyawan selalu mendoakan agar anak-anak diterima di madrasah, sekolah atau pondok pesantren yang dicita-citakan”. Masih dalam sambutannya, untuk menjawab pertanyaan dari bapak Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Surabaya tentang tahun ini lulusan keberapa? maka beliau menjelaskan, apabila didasarkan saat madrasah dinegerikan  maka penegerian madrasah tahun 1985 dan lulusan pertama tahun 1988 maka tahun ini 2021 adalah lulusan ke 34. Akan tetapi kalau berdasarkan tahun berdirinya maka lulusan pertama adalah tahun 1986 dan tahun ini 2021 lulusan ke 36. Dalam penutup sambutan beliau menyampaikan bahwa “setelah dinyatakan lulus maka anak-anak sekarang telah dinyatakan alumni, di MTsN 3 Kota Surabaya telah dibentuk paguyuban/ perkumpulan alumni yang bernama IKA MASANEGAYA, di dalam IKA MASANEGAYA ada sebuah program yaitu “Alumni Berterima kasih”, untuk itu beliau menghimbau pada peserta didik kelas IX yang telah lulus untuk bergabung dalam paguyuban tersebut.


Acara selanjutnya adalah sambutan dari wakil orang tua peserta didik, di sini diwakili oleh bapak Nur Ikhsan Asy’ari, S.Pd.I., M.Pd.I. Inti dari sambutan beliau adalah (1)  ucapan terima kasih kepada segenap komponen MTsN 3 Kota Surabaya, yaitu kepala MTs, guru-guru dan pegawai yang telah memberikan pelayanan terbaik untuk semua peserta didik. (2) Ucapan mohon maaf  karena selama pembelajaran daring mungkin anak-anak ada yang kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. (3) Dengan adanya Pandemic Covid-19 ini kita benar-benar disadarkan pada pentingnya guru dalam mendidik dan mengajar siswa, yang awalnya sering kali menganggap HP atau google itu bisa menjawab semua pertanyaan dan yang paling pintar maka setelah belajar di rumah baru terasa bahwa kehadiran guru dalam pembelajaran sangat penting dan bisa membuat siswa lebih paham dalam belajar.


Berikutnya adalah kesan dan pesan peserta didik kelas IX dalam empat bahasa, yaitu bahasa Arab, Inggris, Jawa, dan Indonesia berturut-turut oleh Rania Athal Muna dari kelas IX I, Cinta Maulidia dari kelas IX G, Annisa Nur Fauziah dari kelas IX I, dan Adella Putri Asy’ari. Acara dilanjutkan dengan Pembacaan wisudan-wisudawati terbaik oleh WAKA bidang Kesiswaan yaitu ibu Indiarti, S.Pd. Berdasarkan Surat Keputusan Kepala MTsN 3 Kota Surabaya Nomor 26 Tahun 2021 Tentang Penetapan Wisudan-wisudawati terbaik MTsN 3 Kota Surabaya Tahun Ajaran 2020 – 2021, Wisudawan dengan Nilai Ijazah Tertinggi (1) Adella Putri Asy’ari dari kelas IX I dengan nilai 1390. (2) Dina Dwi Wulandari dari kelas IX dengan nilai 1385. (3) Nadin Imtiyazul Qolbi dari kelas IX I dengan nilai 1380. Wisudawan Terbaik di Kelas: Kelas 9A atas nama Ayak Mustika Ulil Abror, Kelas 9B atas nama Andhika Arif Maulana, Kelas 9C atas nama Zidan Asy’ari Trian Hamdani, Kelas 9D atas nama Muhammad Rafi Ramadhani, Kelas 9E atas nama Hana’ Nabilah Ramadhania, Kelas 9F atas nama Rizka Fitri Aulia, Kelas 9G atas nama Nadya Salwatul ‘Aish, Kelas 9H atas nama Nafida Chori’qa Amalia, Kelas 9I atas nama Dina Dwi Wulandari.



whatsapp_image_2021-06-11_at_15-47-11


Bapak Kepala Madrasah memberikan penghargaan kepada siswa berprestasi


Acara berikutnya sambutan dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Surabaya yaitu Dr. Husnul Maram, M.HI. Dalam sambutannya beliau “ucapkan selamat dan sukses kepada peserta didik kelas IX MTsN 3 Kota Surabaya yang saat ini dinyatakan lulus 100%”. Inti dari sambutan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Surabaya adalah kunci sukses dunia akhirat. Kunci sukses dunia akhirat ada 3 yaitu: (1) Bertaqwa kepada Allah SWT dengan menjalankan semua perintahNya dan menjauhi segala laranganNya. (2) Harus selalu menghormati kedua orang tua yang telah melahirkan kita. (3) Harus selalu hormat kepada guru kita. Selain itu beliau juga memuji bahwa MTsN 3 Kota Surabaya semakin hari semakin berikhtiyar untuk terus maju dalam segala bidang.


Acara pelepasan peserta didik kelas IX MTsN 3 Kota Surabaya secara virtual ditutup dengan doa oleh bapak Kardi, S.Pd., M.Pd., M.Pd.I. Di pengujung acara ditayangkan video kenangan peserta didik kelas IX tahun ajaran 2020 – 2021 dan video pendek hasil karya anak-anak kelas IX. Kisah indah telah dilalui bersama oleh peserta didik kelas IX bersama teman, guru, dan karyawan MTsN 3 Kota Surabaya. Semoga ilmu yang diditerima menjadi ilmu manfaat dan barokah. Tetap menjadi alumni yang sholih dan sholihah manfaat buat keluarga, masyarakat,  dan Negara. Nafa


 


 



Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :

 

Komentar :


   Kembali ke Atas