• Gambar
  • MASANe GAYA 2

Selamat Datang di Website MTsN 3 KOTA SURABAYA. Terima Kasih Kunjungannya

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


MTsN 3 KOTA SURABAYA

NPSN : 20583877

Jl.Medokan Asri Tengah Surabaya


info@mtsn3kotasurabaya.sch.id

TLP : 031-8713429


          

Prestasi Siswa


Juara OSN 2016

Profesor Toshiko Kinosita mengemukakan bahwa sumber daya manusia Indonesia masih sangat lemah untuk mendukung perkembangan industri dan ekonomi. Penyebabnya karena pemerintah selama ini tidak pernah menempatkan pen...



:: Selengkapnya

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 266029
Pengunjung : 102509
Hari ini : 76
Hits hari ini : 195
Member Online : 0
IP : 35.170.64.36
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

PONDOK RAMADAN 1442 H SECARA VIRTUAL MTsN 3 KOTA SURABAYA




MTsN 3 Kota Surabaya, Senin (19-04-2021). Marhaban Ya Ramadan, bulan Ramadan telah tiba semua umat muslim bersuka cita menyambut bulan yang penuh dengan rahmat ini. Begitu juga keluarga besar MTsN 3 Kota Surabaya begitu bersemangat menyambut dan mengisi bulan Ramadan dengan kegiatan-kegiatan positif, salah satunya adalah kegiatan pondok Ramadan. Pondok Ramadan yang dilaksanakan pada tahun ini tetap sama dengan tahun lalu, yaitu dilaksanakan secara virtual. Dipilihnya pelaksanaan secara virtual, mengingat pada saat ini masih masa pandemic Covid-19. Pondok Ramadan dilaksanakan selama Sembilan hari yaitu tanggal 19 – 29 April 2021 pada hari efektif, Senin sampai Jum’at. Pelaksanaan Sembilan hari ini terbagi menjadi tiga sesi, yaitu: Sesi 1, kelas 7 pelaksanaan selama tiga hari mulai hari Senin sampai Rabu, tanggal 19 – 21 April 2021. Sesi 2, kelas 8 pada hari Kamis, Jum’at, dan Senin, tanggal 22 – 23 dan 26 April 2021. Sesi 3, kelas 9 pada hari Selasa sampai Kamis, tanggal 27 – 29 April 2021. Tema pondok Ramadan pada tahun ini adalah “Tetap Semangat mengaji di Masa Pandemi”. Tema ini diusung dengan harapan besar agar warga besar MTsN 3 Kota Surabaya tetap semangat mengaji dan mencari ilmu walaupun di masa pandemic seperti saat ini.


 


Hari ini, Senin, 19 April 2021 tepat jam 08.00 dimulainya pelaksanaan pondok Ramadan untuk sesi 1 yang diikuti oleh seluruh peserta didik kelas 7 MTsN 3 Kota Surabaya. Pelaksanaan pondok Ramadan hari pertama dimulai dengan jadwal sholat Dhuha pada pukul 08.00 – 08.15. Dilanjutkan melalui zoom meeting yaitu tadarus Al Qur’an dan doa awal pembelajaran jam 08.15 – 08.45. Untuk Materi pertama di hari ini adalah materi fikih tentang thoharoh dan sholat yang disampaikan oleh bu Lutfiah, S.Pd.I pada pukul 08.45 sampai 09.45. Pada materi ini dikupas secara detail tentang thoharoh (wudlu dan mandi besar) dan sholat khusus membahas tentang tata cara pelaksanaan salat jenazah dan sholat ‘ied. Tepat pukul 09.45 dilaksanakan acara pembukaan pondok Ramadan oleh bapak kepala MTsN 3 Kota Surabaya yang didampingi oleh kepala tata usaha MTsN 3 Kota Surabaya dan wakil kepala bidang akademik dan humas.


 


Dalam acara pembukaan pondok Ramadan ini bapak Mas’ud, S.Pd.,M.Pd selaku kepala MTsN 3 Kota Surabaya menyampaikan beberapa arahan dan harapan untuk pelaksanaan pondok Ramadan 1442 H ini. Beliau menyampaikan bahwa materi utama dalam pelaksanaan pondok Ramadan ini ada tiga, yaitu tadarus Al Qur’an, fikih, dan moderasi beragama. Materi tadarus Al Qur’an tidak hanya membaca saja tetapi dikembangkan dengan menulis atau menyalin ayat-ayat Al Qur’an dan terjemahannya. Harapannya semua peserta didik MTsN 3 Kota Surabaya tidak hanya fasih dalam membaca Al Qur’an tetapi juga bisa menulis ayat-ayat Al qur’an dan paham arti atau terjemahan dari ayat-ayat Al Qur’an. 


Untuk materi fikih akan dikupas habis tentang thoharoh, sholat, puasa, dan zakat. Harapan beliau setelah peserta didik mendapatkan materi fikih ini maka peserta didik tidak hanya paham secara teori saja tetapi dapat mempratikkannya dalam kehidupan sehari hari. contonya peserta didik dapat melaksanakan thoharoh secara benar, dapat menjadi contoh dilingkungannya dalam hal sholat jenazah, karena ditengah masyarakat ada kecenderungan saat acara takziah banyak yang hadir untuk mengantarkan jenazah sampai ke pemakaman tetapi masih sedikit yang mau ikut menyolatkan jenazah. Maka dari itu dengan pengetahuan yang telah didapat melalui pondok Ramadan ini harapannya peserta didik MTsN 3 Kota Surabaya dapat memberikan contoh di tengah masyarakatnya untuk ikut serta saat salat jenazah. Pada materi zakat, setelah peseta didik mendapatkan materi tersebut harapannya peserta didik MTsN 3 Kota Surabaya dapat dan mau mengeluarkan zakat pada masanya, yaitu saat mereka telah dewasa dan memiliki penghasilan sendiri. Masalah zakat, sedekah, dan infaq memang harus dilatih mulai dini sehingga nanti pada saatnya tiba anak-anak sudah terlatih dan merasa perlu untuk berzakat, bersedah ddan berinfaq. 


Materi yang ketiga adalah moderasi beragama. Moderasi beragama menjadi proyek besar di kementerian Agama karena mengingat masyarakat Indonesia yang beragam baik suku dan agamanya. Moderasi beragama meruapakan kata lain dari toleransi beragama. Agar bisa toleransi maka ilmu yang dimiliki harus banyak karena apabila ilmunya sedikit maka ditakutkan akan dengan mudahnya menyalakan teman atau orang lain dalam hal beribadah atau yang lainnya. Untuk itu saat beramal harus memiliki landasan ilmu yang kuat.


Selain mengupas tentang inti materi pondok Ramadan bapak Mas’ud, S.Pd.,M.Pd juga meminta kita semua keluarga besar MTsN 3 Kota Surabaya untuk selalu berdoa agar pandemic segera berlalu sehingga selambatnya tanggal 12 Juli 2021 bertepatan hari pertama di tahun ajaran baru yaitu tahun pelajaran 2021/2022 sudah dapat melaksanakan PTM (Pembelajaran Tatap Muka).


img-20210419-wa0105 img-20210419-wa0169 img-20210419-wa0170


Setelah acara pembukaan pondok Ramadan maka materi ke dua di hari pertama pondok Ramadan dilanjutkan tepat pada pukul 10.30 dengan materi moderasi sesi 1 yang mengambil tema “Islam Rahmatan lil’alamin”, materi disampaikan oleh bapak Abdullah Syarqawi, S.Pd., M.Pd. Pelaksanaan pondok Ramadan delanjutkan dengan jadwal 11.30 – 12.30 untuk salat Dhuhur, 12.30 – 13.30 ada ruang Tanya jawab melalui WA grup, dan 13.30 – 15.00 saatnya tadarus (setoran bacaan) melalui voice Note melalui WA grup dan salat Asar. 


 


Pondok Ramadan selalu dapat memberikan segudang ilmu yang dapat menjadi bekal peserta didik untuk melaksanakan ibadah dan bergaul dalam masyarakat. Semoga semua ilmu yang didapatkan dalam pelaksanaan pondok Ramadan menjadi ilmu yang manfaat barokah, dan menjadikan anak-anak madrasah pada umumnya dan peserta didik MTsN 3 Kota Surabaya menjadi contoh atau suri tauladan yang baik di tengah masyarakat. Nafa



Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :

 

Komentar :


   Kembali ke Atas