• Gambar
  • Gambar
  • Gambar
  • MASANe GAYA
  • MASANe GAYA 2
  • MASANe GAYA 3
  • PPDB
  • OSIS

Selamat Datang di Website MTsN 3 KOTA SURABAYA. Terima Kasih Kunjungannya

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


MTsN 3 KOTA SURABAYA

NPSN : 20583877

Jl.Medokan Asri Tengah Surabaya


info@mtsn3kotasurabaya.sch.id

TLP : 031-8713429


          

Prestasi Siswa


Juara OSN 2016

Profesor Toshiko Kinosita mengemukakan bahwa sumber daya manusia Indonesia masih sangat lemah untuk mendukung perkembangan industri dan ekonomi. Penyebabnya karena pemerintah selama ini tidak pernah menempatkan pen...



:: Selengkapnya

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 177889
Pengunjung : 63431
Hari ini : 145
Hits hari ini : 327
Member Online : 0
IP : 75.101.220.230
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

WEBINAR GERAKAN LITERASI MTsN 3 KOTA SURABAYA




MTsN 3 Kota Surabaya (27/08). Untuk menggerakkan literasi di MTs 3 Kota Surabaya maka pada hari Kamis, 27 Agustus 2020 jam 13.00 sampai jam 15.00 dilaksanakan WEBINAR  dengan tema “ IMPLEMENTASI DAN OPTIMALISASI PROGRAM GERAKAN LITERASI MTsN 3 KOTA SURABAYA”. Narasumber dalam WEBINAR ini adalah beliau Dra. Mamik Syafa’ah, M.PdI, beliau bertugas sebagai widyaiswara BDK Surabaya dan Ahmad Rofiul Ilmi A., S.Pd., S.Sos., M.Pd yang bertugas sebagai guru dan penggiat literasi di MTsN 3 Kota Surabaya. Dalam acara ini yang bertindak sebagai moderator adalah Lilik mahmudah, S.Pd., M.M yang bertugas sebagai guru di MTsN 3 Kota Surabaya. Acara ini diikuti oleh semua guru dan pegawai MTsN 3 KOTA SURABAYA yang berjumlah 59 orang.


 


Acara ini diawali dengan sambutan kepala MTsN 3 KOTA SURABAYA yaitu bapak Mas’ud, S.Pd., M.Pd. Dalam sambutannya beliau sangat berterima kasih kepada kedua pemateri yang merupakan duet maut antara ibu dan putranya yaitu Dra. Mamik Syafa’ah, M.PdI dan Ahmad Rofiul Ilmi A., S.Pd., S.Sos., M.Pd. Harapan beliau di ulang tahun perak MTsN 3 KOTA SURABAYA yang ke 25 tahun ada kado istimewa berupa buku yang ditulis oleh semua dari guru dan pegawai MTsN 3 KOTA SURABAYA. Beliau memotivasi semua guru dan pegawai untuk menulis dan mengumpulkannya menjadi sebuah buku.


 


Materi pertama yang disampaikan oleh Dra. Mamik Syafa’ah, M.PdI bertema “Menulis itu Mudah”. Dalam paparan materinya beliau menjelaskan tentang tiga hal yang membuat kita dapat menulis, yaitu (1) ada kemauan, (2) ada kesempatan, dan (3) ada paksaan. Adanya ketiga hal tersebut dipastikan semua orang akan bisa menulis dengan mudah. Untuk pemula maka bisa menulis artikel popular terlebih dahulu. Artikel popular bisa menceritakan tentang pengalaman dan apa yang ada dipikiran kita dituangkan dalam bentuk tulisan. Dalam menulis memang tidak bisa sekali jadi, ada tiga langkah yang disingkat MAP, yaitu (1) Menulis, (2) Aanalisis, dan (3) Perindah. Apabila kita menerapkan tiga langkah tersebut maka kita sebagai pemula akan dengan mudah dapat menulis apa yang kita inginkan. Setelah kita menulis maka kita bisa mengedit tulisan kita dengan enam langkah yang disingkat ASMUNI yaitu, (1) Abaikan, (2) Sambungkan, (3) Minimal, (4) Untuk apa lagi, (5) Nalar analogy, dan (6) Inversi. Apabila kita sudah menerapkan semua langkah-langkah menulis tersebut dengan baik maka tulisan kita pasti sudah layak untuk dibaca oleh banyak orang. Intinya dalam menulis itu kita bebas berekspresi dan harus percaya diri, semua pengalaman dan apa yang ada dipikiran kita  dituangkan dalam bentuku tulisan, menulis dan menulis. Awal memang terpaksa tetapi lama-lama akan terbiasa menulis.


WhatsApp Image 2020-08-27 at 08.58.16


Saat sedang berlangsung webinar yang dipandu oleh Lilik Mahmudah selaku host


 


Materi yang kedua disampaikan oleh  Ahmad Rofiul Ilmi A., S.Pd., S.Sos., M.Pd yang bertema “ Semua Pasti Bisa Menerbitkan Buku”. Dalam paparan materinya beliau menjelaskan tentang apa itu penerbit?, Mengapa harus menerbitkan buku?, keuntungan menerbitkan buku, dan macam-macam penerbit. Beliau menuturkan bahwa keuntungan menerbitkan buku ada 3, yaitu (1) kita akan lebih terkenal, (2) buku merupakan investasi dunia dan ukhrowi kita, dan (3) buku bisa menjadi warisan untuk anak turun dan generasi yang akan datang. Selain itu beliau juga menjelaskan tentang penerbit, jadi penerbit itu tidak sama dengan percetakan. Kalau penerbit bisa jadi memiliki percetakan tetapi kalau percetakan tidak bisa menerbitkan buku. Macam-macam penerbit ada tiga, yaitu (1) penerbit mayor, (2) penerbit indie, dan (3) penerbit vanity.


 


Dari hasil paparan semua materi maka setelah WEBINAR ini diminta seluruh guru dan pegawai dapat menuangkan ide, pengalaman, dan pemikirannya dalam bentuk tulisan dan dihimpun menjadi sebuah buku yang segera diterbitkan. Hal ini dapat memacu gerakan literasi di MTsN 3 Kota Surabaya. (Nafa)


 


 


 



Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :

 

Komentar :


   Kembali ke Atas